Jumat, 16 Agustus 2013

Antioksidan


Antioksidan
Adalah zat yang dapat menghambat proses oksidasi / radikal bebas. Radikal bebas adalah suatu molekul/atom yang tidak berpasangan pada orbital luarnya sehingga bersifat reaktif. Dan mempunyai kemampuan merebut electron dari molekul lain yang berjarak jauh. Reaksi ini mengakibatkan rusaknya molekul terdebut. Bila molekul itu merupakan komponen sel/organ sel, akibatnya adalah kerusakan sel yang menjurus pada timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, parkison, Alzheimer.
Radikal bebas merupakan reaksi berantai artinya radikal bebas hasil suatu reaksi akan memicu terbentuknya radikal bebas lainnya. Tapi terbentuknya radikal bebas bersifat prooksidan (pemacu oksidasi) selalu diimbangi dengan terbentuknya antioksidan alami dalam tubuh.
Proses terbentuknya radikal bebas :
1.       Endogen : terbentuk sebagai bagian normal dari proses metabolism didalam tubuh.
2.       Eksogen : serasal dari polusi lingkungan,
Antioksidan alami adalah vit C, Vit E, karotenoid, riboflavin, Zeng, mangan, tembaga, selenium. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang mengandung antioksidan :
1..       Buah Berry
Kelompok buah Berry mengandung anthocyanin, ellagic acid dan flavonoid yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan serat dan mineral juga sangat tinggi seperti magnesium, potassium dan mangan.  Magnesium dan potassium penting bagi kesehatan sistem saraf dan metabolisme tubuh. Lalu mangan, berperan penting dalam melindungi sel dari radikal bebas akibat polusi, asap rokok, makanan, dan lain-lain. Yang termasuk golongan buah berry adalah blueberry, cranberry, strawberry, raspberry, blackberry.
 
2.       Kurma
Buah kurma mengandung kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), Vit A, B2, B12, dan Vit C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natroum (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa). Kandungan vitamin C nya berperan sebagai antioksidan.   Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.  Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata.  Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat.  Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.



3.       Anggur merah
Nutrisi yang terkandung pada anggur adalah artaric acid, malic acid, pectin, tanin, flavone glycosides, flavanoid, resveratrol, mineral, gula, vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan C. Semakin gelap warna anggur maka semakin tinggi kandungan flavanoidnya. Flavanoid merupakan antioksidan yang dapat melindungi kerusakan pembukuh darah dan mencegah penggumpalan trombosit.  Resveratrol berkhasiat sebagai antioksidan yang mengurangi pembentukan plak di dalam pembuluh darah arteri.  Buah anggur juga berkhasiat menjadi pencahar ringan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, penawar racun, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, melancarkan aliran darah, anti kanker dan memperkuat tubuh melawan penyakit, seperti fungsi hati yang buruk.



 
4.       Tomat
Tomat  kaya akan nutrisi seperti magnesium, kalium, besi, yodium, kalium, zink, fluoride, vitamin A, C, asam organik . Pigmen tomat yang berwarna merah mengandung lycopene, yaitu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultra violet. Selain itu lycopene diketahui dapat mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, prostat, perut dan pankreas.

5.       Wortel
Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit. . selain itu wortel juga mengandung vitamin A yang baik untuk penglihatan

0 komentar:

Posting Komentar

 

Richa Faric Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template